Jl KH Abdul Fattah ds Siman rt 04 rw 02 sekaran. KAB LAMONGAN
MADRASAH DINIYYAH PROGRAM KHUSUS, MDPK
PP AL FATTAH SIMAN (SALAF, FORMAL, TAHFIDZ AL QURAN)
MADRASAH DINIYYAH REGULER MDR FORMAL
MADRASATUL QURAN PUTRI, TAHFIDZ AL QURAN.

Tuesday, August 21, 2018

SANTRI AL FATTAH SIMAN TURUT ANTUSIAS DALAM MENGIKUTI UPACARA HUT RI YANG KE 73




EL-FATTAHNEWS-Semua santri putra putri Pondok Pesantren Al-Fattah turut antusias mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI yang ke 73 di halaman komplek YPP Al Fattah Desa Siman Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, Jum’at (17/08/2018).
Dalam persiapan upacara HUT RI yang ke 73 pengurus bekerja sama dengan santri reguler (formal) dan santri khusus (salaf), oleh karena itu, para santri bertukar pengalaman tentang bagaimana cara melaksanakan upacara, mulai dari menjadi pimpinan barisan, pemimpin upacara, paskibra, dan protokol.
Prosesi pelaksanaan upacara HUT RI di lingkungan Pondok Pesantren Al-Fattah Siman berjalan khidmat. Seperti biasanya upacara dimulai dari pembukaan, melantunkan lagu Indonesia Raya, nasehat pembina upacara.


Ro’is PP Al-Fattah mengatakan bahwa;"Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pondok pesantren yang diadakan secara rutin setiap HUT RI di dalam pesantren, dalam kegiatan tersebut tanpa disangka Direktur Pendidikan YPP Al-fattah yaitu Agus Abdul Hamid ikut andil menjadi Pembina upacara,”.
Meski sebelumnya mengikuti latihan, masih ada kesalahan kecil pada saat kegiatan upacara berlangsung, oleh karenanya Agus Abdul Hamid(Dir. Pendidikan YYP Al-Fattah) berkata;
” kesalahan adalah pilar atau pintu menuju kesuksesan.
Direktur Pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Al-Fattah (YPP AL-Fattah) yaitu Agus Abdul Hamid, ia adalah salah satu keluarga besar ponpes Al-Fattah Siman-Lamongan. menjelaskan, bahwa sejarah panjang perjuangan ulama NU dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.
“Perjalanan sejarah membuktikan bahwa perjuangan Kemerdekaan RI tidak terlepas dari peran Santri dan Kiyai pondok pesantren dalam kemerdekaan. Terlebih perjuangan ulama, santri bersama masyarakat melawan penjajah menjadi bukti pondok pesantren menjadi wadah perjuangan dan wadah ilmu. Salah satu bukti perjuangan itu bisa dilihat dari banyak peristiwa besar di seluruh pondok pesantren di wilayah pedesaan,”Tuturnya.
Ia melanjutkan, bahwa kegiatan seperti ini sangatlah penting untuk diabadikan. Harapannya, santri juga bisa memiliki nilai patriotisme dan memiliki rasa kecintaan kepada tanah air.
“Sehingga santri tidak hanya fokus belajar kitab. Tapi juga, bisa mengingat bahwa kemerdekaan ini tidak lepas dari perjuangan para syuhada’, yang berasal dari pondok pesantren, dan kita wajib mengingat perjuangannya, dan juga peristiwa ini perlu di gali secara mendalam sejarahnya, karena peristiwa besar perjuangan santri dan kiyai di plosok-plosok desa tidak terekam oleh catatan sejarah ” tegasnya
Sebagai penutup upacara HUT kemerdekaan RI yang ke 73 semua santri bersama-sama melantunkan lagu “Yahlal Wathon” KH Abdul Wahab Chasbullah atau lebih dikenal oleh santri Mbah Wahab.
Kemeriahan kemerdekaan tidak sampai itu saja, usai upacara para santri disambut dengan daftar perlombaan yang menunggu di pondok diantaranya adalah lomba cerdas cermat, memasukkan paku dalam botol, mengambil koin dalam tepung dan panjat pinang.




Support dakwah kami dengan mengikuti akun-akun resmi
pondok pesantren Al-Fattah Siman :
Instagram      : @alfattahkulon_1942
Facebook      : Al Fattah

Website          : www.ppalfattahsiman.net

No comments:

Post a Comment

Copyright©Santrisiman