Jl KH Abdul Fattah ds Siman rt 04 rw 02 sekaran. KAB LAMONGAN
MADRASAH DINIYYAH PROGRAM KHUSUS, MDPK
PP AL FATTAH SIMAN (SALAF, FORMAL, TAHFIDZ AL QURAN)
MADRASAH DINIYYAH REGULER MDR FORMAL
MADRASATUL QURAN PUTRI, TAHFIDZ AL QURAN.

Thursday, November 1, 2018

Misi berdirinya pondok pesantren Al Fattah (awal bulan Desember 1941)

Misi berdirinya pondok pesantren Al Fattah (awal bulan Desember 1941)
 
Misi ini telah diemban oleh pesantren sejak didirikannya pada awal bulan Desember 1941, saat pesantren hanya berupa sebuah langgar kecil. Dari sini terus dikumandangkan pesan-pesan ilahi kepada umat manusia melalui berbagai disiplin ilmu baik fital maupun panjang. Dalam suasana revolusi untuk memperjangkan kemerdekaan Indonesai, Pesantren ini, yang masih dalam usia mudah telah menerjunkan diri dalam gelombang perjuangan mempertahankan kedaulan Republik Indonesia. Begitu juga saat terjadinya pengkhianatan G 30 S PKI tahun 1965, KH. Abdul Fattah merupakan satu-satunya kiai dikabupaten lamongan yang dalam percobaan pnculikan PKI dapat lolos, dan berkali-kali usaha penculikan ini dilakukan tetapi alhamdulillah atas lindungan llah SWT. Dengan kegigihan beliau beserta kesigapan para santri, upaya PKI itu dapat digagalkan.


Lintasan peristiwa-peristiwa penting itu telah menunjukan keterlibatan Pesantren Al-Fattah dalam mengabdi kepada nusa dan bangsa serta agama. Hal ini terus dikumandangkan terutama pada masa orde baru, dengan sasaran memerangi kebodohan umat dan membina serta mencetak sumber daya manusia yang berwatak religi serta berwawasan luas dalam menghadapi kanca kehidupan dengan selalu mengambil inspirasi prilaku kehidupannya kepada ajaran AL-Qur’an dan AL-Hadits.


Atas dasar ini, Pesantren Ihyauddin selalu hendak mengembangkan sayapnya dengan berbagai unit pendidikan baik formal maupun informal selaras dengan tuntunan masyarakat. 


Upaya ini telah dirintis sejak awal berdirinya sampai saat ini, dan hasil yang dicapai adalah telah tersebarnya alumni pesantren diseluruh daerah dan diluar negri, yang mampu mendarmabaktikan ilmunya bagi kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan agama.

 
   Perkembangan sayap-sayap Pondok Pesantren Al Fattah

Sudah 71 tahun pondok pesantren Al Fattah berdiri dari yang mulai bangunan gubug kecil sampai yang bertembok- tembok, oleh karena itu dengan mengikuti perkembangan zaman  dan makin banyaknya santri yang  mendaftar didalam kawasan pondok  pesantren Al Fattah yang mulanya terdiri satu pusat saja sehingga para penerus memfasilitasi dengan adanya gedung-gedung pondok pesantren yaitu; Ponpes Al Fattah Putra Putri, Ponpes Mazroatul Fattah Putra Putri, pondok SMAU, Pondok SMP Unggulan dan MA Unggulan. Dalam mengembangkan pendidikan di dalam Yayasan Ponpes Al Fattah juga terdapat beberapa Unit pendidikan formal yaitu ;1). tk, 2).paud, 3).MI, 4).Mts 5). Salafiyah ,6). Smp Simanjaya ,7). MA Salafiyah, 8).SMA 1Simanjaya, 9).SMA Unggulan BPPT AL Fattah dan juga perguruan tinggi yaitu 10). STIT AL FATTAH dan yang terahir pada tahun 2017 mendatang yang insya Allah akan dibuka pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Bilfath siman Lamongan.
Di dalam pondok pusat yaitu ponpes Al Fattah terdapat dua sayap atau dua program 1)program Reguler 2)program Progam Khusus/progam kitab. Dengan adnya dua sayap ini diharapkan para santri dapat mengembangkan kecerdasan intelektualnya dari ilmu dunia sampai akhirat

3 comments:

  1. Pondok pesantren ini masih tetap mempertahankan salafiyah atau menjadi semi modern ustadz?? Mohon dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya allah masing neng...!
      di pp alfattah kami ada program khusus(PK/salaf) yaitu selama 24 jam santri2 dihadapkan dengan pengajian islami diantaranya, pengajian diniyyah(kitab2 salaf, pengajian umum sama romo yai,
      dann juga kegiatan santyri sendiri, yaitu muhafadzoh nadzom, surat2 pendek, dan juga syawir.

      program ke 2 yaitu program reguler, yaitu para santri mengikuti kegiatan sekolah formal pada umumnya, dan di pondok nanti juga ada diniyyahnya sendiri
      kegiatan santri tidak jauh beda dengan santri yang salaf.

      Delete

Copyright©Santrisiman