Jl KH Abdul Fattah ds Siman rt 04 rw 02 sekaran. KAB LAMONGAN
MADRASAH DINIYYAH PROGRAM KHUSUS, MDPK
PP AL FATTAH SIMAN (SALAF, FORMAL, TAHFIDZ AL QURAN)
MADRASAH DINIYYAH REGULER MDR FORMAL
MADRASATUL QURAN PUTRI, TAHFIDZ AL QURAN.

Tuesday, January 29, 2019

Karakter Santri millenial




Cerita sedikit....
Hari senin dan hari jumat, adalah hari yang mungkin bagi santri adalah hari dimana kegiatan di pesantren ada yang ditunggu. Dihari tersebut, kegiatannya awalnya adalah pengajian kitab tapi khusus hari senin dan kamis di ganti dengan sholawat, kreasi santri (pidato dll).

"Yang dapat saya ungkapkan dihari senin byasanya saya santai-santai saja, walaupun begitu tetap kemana-mana harus bawa nadzom" tutur dari bayu, yaitu santri mahasiswa pp al fattah. Walaupun ia mendapat kemurahan membawa Handphone serta pengurus ia juga ada kewajiban setor 20 nadzom Al fiyah, yaitu di bagi 10 di hari senin dan 10 di hari jumat.

Bayu melanjutkan" dalam proses setoran itu pembimbing mensyaratkan kalu tidak setor hafalan nati malah yang disetorkan adalah HP, jadi mau gimana lagi" sambil tersenyum-senyum sendiri.

Tapi walaupun begitu, saya tetap semangat, karna dipesantren hafalan, lalaran adalah segalanya, bukannya main game, online apalagi main mobile legend, nambah membuang-buang waktu, ulasan dari bayu dengan tatapan yang tajam bah harimau.

Cerita diatas berbeda lagi dengan saudara ali. Ia walau santri mahasiswa dN pengurus. Hobinya seprti santri pada umumnya, yaitu ngopi pahit(kopi seng paling pahit). Sampai2 suatu ketika membeli kopi pahit sempat disindir oleh penjaga warung" dunnyo iki wes pahit kang, pesen kopi malah pahit pisan" ulas penjaga warung sambil tersenyum manja.

Selanjutnya hobinya yaitu nonton anime. Walupun begitu, ia berjuang keras dengan dapat menyetorkan hafalan tepat waktu, sehingga hobinya pun dapat  ia lanjutkan.

"ia seorang santri yang unik" ulas dari pembimbing setoran, coba kalian bayangkan, ia tatkala mahu menghafalkan pertama ia tulis nadzomnya, lalu ia bawa kemana pun pergi, entah itu  ngopi, santay2 dll.
Walaupun seperti itu hobinya tidak dapat dilanjutkan atau fakum sementara waktu, dengan tunggak an setorannya yang menumpuk.

"mahunya ingin melihat anime terbaru, dan juga hp kan masih baru kan eman kalau gk di pake.. tapi gimana lagi, aku harus kuat, timbal ali selaku santri yang punya tunggak kan setoran.




Support dakwah kami dengan mengikuti akun-akun resmi
pondok pesantren Al-Fattah Siman :
Instagram      : @alfattahkulon_1942
Facebook      : Al Fattah
Website          : www.ppalfattahsiman.net

No comments:

Post a Comment

Copyright©Santrisiman