Jl KH Abdul Fattah ds Siman rt 04 rw 02 sekaran. KAB LAMONGAN
MADRASAH DINIYYAH PROGRAM KHUSUS, MDPK
PP AL FATTAH SIMAN (SALAF, FORMAL, TAHFIDZ AL QURAN)
MADRASAH DINIYYAH REGULER MDR FORMAL
MADRASATUL QURAN PUTRI, TAHFIDZ AL QURAN.

Tuesday, December 10, 2019

5 Wasiat Untuk Tholabul Ilmi Oleh Syech Muhammad Ar Ruqoimi


El_Fath.Siman. 03/12/2019. Wasiat untuk Santri dari Syekh Muhammad Ar Rukaimi di pondok pesantren Mazroatul Fattah Siman Lamongan.

Hari jumat, 29 November 2019, tepatnya bakda asar beliau Syekh Muhammad Ar Rukaimi Sampai di PP. Mazroatul Fattah Siman Lamongan, yang sebelumnya dari PP. Al Anwar Sarang lanjut ke PP. Langitan Tuban lanjut ke PP. Mazroatul Fattah Siman Lamongan.

Geografi singkat Syekh Muhammad Ar Rukaimi. Beliau sejak kecil selalu mengikuti ayahnya yaitu Syekh Ahmad Ar Rukaimi Mudarris di Pondok Pesantren Abuya Sayyid Muhammmad Al maliki, di sela sela waktu beliau mengikuti ayahnya mengajar, beliau Syekh Muhammad ketika masih kecil belajar ilmu Al Quran dan Safianh kepada Santri Abuya yang berasal dari Indonesia.

Oleh karena alasan diatas beliau ingin menyambung silaturahim antara guru dan murid, selama di Indonesia. Pungkasnya ketika sampai di PP. Mazroatul Fattah Beliau memberikan wasiat kepada para Santri pada waktu setelah jamaah maghrib.



5 Wasiat Untuk Tholabul Ilmi

      1.      Taqwa Kepada Allah SAW

Allah SWT mewasiatkan taqwa dari sebelum Nabi Muhammad SAW samapai Zaman Sekarang ini, beliau menjelaskan penjelaskan dari salah satu ayat,
“ Bertaqwalah Kepada Allah SWT Nanti Allah SWt akan mengajari kita” semakin tinggi dan meningkat ketaqwaan seseorang maka Allah SWT akan mengajari kita.
    
      2.      Bersyukur

Sebagai Sanri kita harus bersyukur bahwa Allah SWT telah memilih kalian para santri dari berapa puluh juta orang, untuk mendalami ilmu agama di pesantren.

Ilmu adalah warisan para nabi, oleh karenanya bagaimana mungkin kita yang sekarang dapat memperolehnya kecuali Allah SWT sendirilah yang memilih.

      3.      Ihlas

Cara atau metode supaya dapat memperoleh ilmu ialah dengan mencari ilmnu harus ihlas karna Allah SWT bukan karna yang lain.

Dilasnjut dengan kita niat menghilangkan kebodohan. Dengan demikian insya allah mendapat ilmu yang bermanfaat. Aamin.

      4.      Adab

Nabi Muhammad SAW di utus di bumi pertama kali yang di prioritaskan adalah mengajarkan Ahklaq. Oleh karenanya kita sebagai santri harus memiliki ahklak seperti ahklaknya para Ulama’, ahlak kepada guru, ahklak kepada sesame dan yang lain.

      5.      Bersungguh-bersungguh

Sangat penting dalam ilmu untuk mendapatkan hasil dengan bersunguh-sungguh, dan tidak mungkin ingin menapatkan ilmu dengan cara yangsantai santai.

Wallahu A’lam.


No comments:

Post a Comment

Copyright©Santrisiman